Belajar Mencintai dengan Segala Konsekuensinya

Rasa cinta adalah fitrah yang diberikan Tuhan kepada setiap orang dalam kehidupan. Baik laki-laki maupun perempuan pastilah pernah merasakan cinta, bukan berarti cinta ini melulu tentang seseorang ya, cinta pun bisa dalam bentuk kegiatan atau aktifitas atau mencintai benda atau barang koleksi kesayangan. Apapun itu, cinta selalu membuat segala hal menjadi indah dan menyenangkan. Karena itu sering kali rasa cinta menjadi salah satu pemicu terkuat untuk melakukan satu hal. Anggap saja kamu mempunyai hobi dan rasa cintamu pada hobi tersebut membuatmu terus menerus melakukannya.

source : Pinterest

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa jika kita sudah mengenal rasa cinta maka kita harus siap untuk mengenal kekecewaaan. Kenapa? Karena rasa cinta kebanyakan diselimuti oleh obsesi untuk memiliki dan posesif. Benda kesayangan yang sangat kau cintai itu pun pastinya tidak boleh sembarangan disentuh oleh orang lain kan? Ya begitulah singkatnya.

Tapi kata sebagian orang kalau begitu bukanlah cinta, ya memang obsesi saja.

Aku tidak setuju dengan ini, karena jarang sekali orang yang bisa mencintai tanpa memiliki dari keadaan dunia saat ini, realistis saja dan anggap obsesi itu adalah bagian dari cinta.

Oke mari masuk ke topik tentang belajar mencintai.

Memangnya cinta perlu diajarkan? oh tentu, agar tidak salah jalan dan memahami apa yang akan dirasakan nantinya.

Saat kau mengenal kasih sayang, kau juga menanggung resiko kebencian  

 - Itachi Uchiha - 


Salah satu quotes favorit saya dari anime kesukaan, karakter pertama yang membuka mata saya tentang resiko dan konsekuensi saat kita mencintai orang lain.


Belajar mencintai bukan berarti merasakan hal-hal yang baik-baik saja, namun belajar mencintai juga harus memahami hal-hal yang akan dihadapi, diperjuangkan, dan direlakan pada akhirnya.

Berikut beberapa point hal-hal yang kamu ketahui tentang mencintai orang lain dari berbagai macam sisi.

  • Mencintai dalam diam berarti kamu harus siap untuk menahan rasa sakit dan lelahnya melihat segala aktifitas orang tersebut tanpa dia mengetahuinya.
  • Mengungkapkan cinta berarti kamu harus siap dengan penolakan dan keputusan yang akan dibuat oleh orang yang kamu cintai.
  • Mencintai orang yang mencintaimu berarti kamu harus siap berempati dan mencoba memberikan cintamu padanya.
  • Dicintai orang yang kamu cintai berarti kamu juga harus bersiap jika ditengah jalan cinta itu habis.

Terdengar biasa saja kan? ya karena kamu hanya membaca tidak merasakannya. Maka dari itu cobalah untuk belajar mencintai, maka kamu akan merasakan tentang suka duka kehidupan.

Aku juga mempunyai nasehat tentang cinta, seperti ini ' ketika kamu telah mencintai orang lain, jangan kau penuhi hatimu dengan dirinya, sisipkan saja sedikit, namun kau penuhi cintamu pada Tuhan, agar kamu tidak sakit berlebihan jika nantinya dia hilang, hatimu masih ada Tuhan.'

Sekian opini tentang belajar mencintai hari ini, aku berharap kalian dapat mencintai dan dicintai dengan tulus.

Terima Kasih telah membaca.

Posting Komentar

0 Komentar